Bupati Cianjur dan Kasrem 061 Suryakancana Launching Perluasan Sawah Baru – Web Resmi Humas dan Protokol Kabupaten Cianjur

Bupati Cianjur dan Kasrem 061 Suryakancana Launching Perluasan Sawah Baru

Bupati Cianjur, DR. H. Irvan Rivano Muchtar bersama Kepala Staf Resort Militer 061 Suryakencana Bogor Letkol Kaveleri Eko Saptono menghadiri Launching Kegiatan Perluasan Sawah Baru, di Desa Sukabungah Kecamatan Campaka Mulya Cianjur, Jum’at 11 Mei 2018.

Kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Cianjur dalam usaha kemadirian dan menjaga ketahanan pangan dengan cara menyediakan lahan pertanian terutama lahan pertanian sawah. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Cianjur bahwa lahan pertanian di Kabupaten Cianjur 18.49% adalah lahan persawahan dari luas wilayah 361.434 ha.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Cianjur M. Nano menjelaskan tentang posisi Kabupaten Cianjur sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Barat dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi. lebih lanjut dijelaskan, bahwa pada tahun 2017 target PDRB sektor pertanian Kabupaten Cianjur sebesar 12.028 Milyar, dapat terealisasi sebesar 12.585 Milyar, atau 104,15%, dengan asumsi potensi lahan sawah seluas 66,934 ha, dapat memproduksi padi 935.277 ton.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program perluasan sawah tahun 2017, dengan telah dicetak sawah baru seluas 51 ha di kecamatan Cikadu dan pada tahun 2018 akan dicetak sawah baru seluas 160 ha, diantaranya di kecamatan Cidaun 150 ha dan 10 ha di kecamatan Campaka Mulya, sehingga akan tercetak sawah baru sekitar 211 ha. Dari program perluasan sawah ini diprediksi akan menghasilkan padi lebih kurang 5 ton perhektar, maka akan menghasilkan 1.055 ton padi, hal ini diprediksi akan mencukupi kebutuhan pangan di Kabupaten Cianjur dan akan menjaga ketahanan dan kemandirian pangan seperti yang diharapkan oleh semua pihak.

Sementara Kepala Staf Resort Militer 061 Suryakencana Bogor Letkol Kaveleri Eko Saptono, mewakili TNI selaku pelaksana perluasan lahan sawah baru, menegaskan tentang pentingnya kekuatan ketahanan pangan dalam menangkal produk-produk ilegal yang banyak menimbulkan masalah.

Sedangkan Bupati Cianjur, DR. H. Irvan Rivano Muchtar dalam sambutannya menjelaskan tentang kebijakan yang terkait dengan perluasan dan pencetakan sawah baru, yang diawali dari pemberlakuan moratorium TKI/TKW yang berdampak terhadap pengangguran tak terkecuali di Kabupaten Cianjur, dampak dari moratorium TKI/TKW maka diperlukan solusi untuk penanganan pengangguran yang sesuai dengan budaya dan potensi wilayah di Kabupaten Cianjur, hal ini sejalan dengan program yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur dalam pengelolaan zona pembangunan di Cianjur, yaitu zona pembangunan wilayah utara sebagai zona sentra industri, wilayah tengah sebagai zona pengolahan bahan baku dan wilayah selatan sebagai zona pertanian.

Sebagai tindak lanjut dari kebijakan pembagian tiga zonasi pembangunan, maka perlu dilakukan perluasan dan pencetakan lahan sawah baru sebagai kompensasi dari lahan yang dipakai oleh industri. Lebih lanjut Bupati Cianjur menyampaikan pola pemasaran hasil pertanian nanti melalui pemasaran yang dilakukan oleh BUMD dan DR. H. Irvan Rivano Muchtar menambahkan akan pentingnya branding produk unggulan yang menjadi ciri khas Kabupaten Cianjur.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Camat Campaka Mulya, para pejabat sipil dan TNI, para kepala desa,  petani dan warga masyarakat  lainnya.

Kegiatan ditutup dengan seremonial pengerukan lahan oleh Bupati Cianjur, DR. H. Irvan Rivano Muchtar dan Kepala Staf Resort Militer 061 Suryakencana Bogor Letkol Kaveleri Eko Saptono, sebagai tanda Launching Kegiatan Perluasan dan Pencetakan Sawah Baru tahun 2018.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *